Recent

Aku dan Sekolahku

        teeettttt tetttttt . tepat jam 7;30 bell berubunyi, semua siswa memasuki kelasnya, dan yang belum masuk berlari kecil berjalan menuju kelasnya. itulah pemandangan pagi yang sering kami temui, sekolah kami memang sangat tegas dengan kedisiplinan, namun tentu saja kedisiplinan yang tingkatan wajar dan berguna . inilah perbedaan dari sekolah lain yang paling mudah di jumpai dari sekolahku , mulai dari "tradisi" didalamnya hingga "peraturan" yang sekilas sama namun berbeda cara penerapannya.

        Pagi itu aku datang jam 7:25 , masih ada sisa 5 menit sebelum bell berbunyi, aku hanya jalan santai masuk kekelas, tiba di kelas , buka pintu dan pemandangan tak asing aku lihat , yang benar saja jam segini kelas belum di bersihkan ?? hah sudah biasa rasanya, sangkin biasanya setiap hari piket berjalan hanya butuh waktu kurang 5 menit saja untuk membersihkan seisi ruangan yang cukup besar untuk kapasitas 30 orang yang harusnya kelas ini bisa di isi 40 orang atau lebih. 

         Kegiatan di hari ini adalah membaca asma ul husna , seperti biasa tiap 2 minggu kali sekali kami mengadakan ini silang-silang antara upacara bendera , nah beda kan ? kalau disekolahmu mungkin tiap minggu , tapi tidak di sekolah kami . oke lanjut lagi , asma ul husna kali ini di bacakan anak SD , ohya aku lupa menyampaikan , sekolah kami terdiri dari SD,SMP,SMA . anak SD pun tak dibedakan dalam negosiasi kegiatan , mereka harus ikut serta dalam setiap kegiatan, mereka selalu bisa bersungguh-sungguh dalam setiap kegiatannya.

         Asma ul husna selesai, waktunya tausiah , sekolah kami dalam bertausiah ada 2 bahasa , dan berganti tiap minggunya , yang pertama bahasa inggris , yang kedua bahasa arab. dalam setiap pemilihan pembaca maupun pentausiah di pilih secara acak oleh osis dan seluruh siswa akan mendapat gilirannya , ya kami memang dilatih untuk terbiasa public speaking. 

       Setelah semua selesai dilanjutkan dengan pembacaan pengumuman, dan ternyata minggu ini kami mendapat kabar bahagia, apa itu ? kami mendapatkan juara 1 dalam kegiatan olimpiade, yang di menangkan oleh anak SMA , rasa-rasanya sekolah ini mencetak pemenang setiap bulannya , bagaimana tidak, selama event ada dan diundang kami selalu di ikut sertakan, tentu saja mereka adalah orang pilihan dengan persyaratan utama yaitu orang yang memiliki sikap yang terdapat 5S , apa itu ? 5S adalah budaya sekolah kami , senyum sapa salam sopan santun . itulah yang selalu ditanampakan dalam diri kami, dan itu berguna untuk masa depan, bahkan tak jarang alumni yang datang kesekolah untuk menceritakan pengalaman mereka diluar sana dan menggunakan tradisi dari sekolah .

          Dari pertama sekolah ini dibangun , setiap orang datang maka mereka akan menganggap aneh. tak kenal sudah senyum-senyum sendiri , begitulah kira-kira. memang kebiasaan itu harus di pertahankan , dan lebih hebatnya lagi , kurikulum 2013 menerapkan pendidikan yang sama dengan kami ,yaitu mengutamakan sikap dan moral , tapi saya gak bilang loh kurikulum 2013 nyontek dari sekolah kami . oke lanjut ke cerita awal , setelah kegitan usai, kami kembali ke kelas masing-masing untuk bersiap melaksanakan kegitan belajar mengajar . pagi itu guru sejarah yang masuk ,

        Berbicara tentang guru, apa yang berbeda , tentu aja berbeda dan mungkin disekolah lain tak kita temukan, guru disini selain masih muda-muda , mereka mempunyai pemikiran yang hampir bisa dibilang sama, jadi sangat mudah mendapatkan apa yang guru mau dan apa yang kami mau, cara mereka mengajar sangatlah happy ,guru disana ketika pertama masuk mereka akan mengalihkan perhatian dan pelan-pelan apa yang dibicarakannya akan masuk kedalam materi, wahh hebatkan ? jadi bukan masuk langsung teriak blg " buka buku halaman sekian , dengan muka flat " .

       Dan ketika fun time , kami bisanya mengisi dengan game atau menonton film , tentu aja asik kegitan kami itu, sekolah ini memang sangat bisa membuat siswa merasa nyaman, oke kembali ke kelas sejarah , kali itu kami berbicara tentang sejarah sebelum kemerdekaan indonesia, walaupun pelajaran itu sudah di dapatkan dari jaman SMP tapi tetap saja ada timbul rasa penasaran , kenapa demikian ? karena itu tadi , guru yang dapat mengalihkan perhatian siswanya dengan baik .

        Setelah pelajaran sejarah usai, masuklah kepelajaran kimia, dan kabar buruk datang , hari itu kami harus pre test sebelum ulangan minggu depan, alhasil mau tak mau mengikutinya, seperti biasa kursi disusun sendiri-sendiri, dan kondisi seperti ujian pada umumnya. nah bicara soal ujian , maka bicralah soal budaya sekolahku yang 3 ini , namanya 3 NO . apa aja itu ? NO Cheating , dari artinya udah tau kan ? dilarang berbuat curang , suatu penegasan tentang sekolah ini yaitu larangan keras saat ujian, kalau ketauan maka tak tanggung-tanggung nilai 0 0 0 0 yang diberikan , ya itulah peraturan . kemudian NO Bulying, kekerasan disekolah sangatlah sering terjadi , seminimal-minimal ya ejek mengejeklah, tapi tidak dengan sekolah kami itu adalah larangan keras, kita sesama pelajar harus saling menghargai dan akur , masa iya satu sekolah gak akur, bahkan kami juga terbiasa main dengan anak SD,SMP juga, karena kekeluargaan yang tinggi itu adalah suatau nilai lebih sekolah kami . dan terakhir NO Smoking, merokok adalah kegiatan bodoh menurut saya , sehingga perokok secara tak langsung adalah orang yang berusha bunuh diri , ya jelas aja kata-kata " MEROKOK DAPAT MEMBUNUHMU" jelas dong ya yang perokok itu gimana, itu juga jadi larangan keras , pernah dulu saat masa saya di orientasi, salah satu peserta ketauan merokok di kamar mandi , ya sontak direktu mengeluarkannya dari sekolah wah wah baru orientasi udah dikeluarin . dari semua larangan 3 NO semuanya ditindak keras, ketauan sekali surat perjanjian , dan apabila di lakukan sekali langi mereka harus siap dipecat dari sekolah .

        Jadi itulah cerita singkat tentang aku dan sekolahku, aku bangga bisa sekolah disini , kalau kalian penasaran apa sekolahku, silahkan saja hubungi sekolahku ini . semoga artikel ini bermanfaat , lebih dan kurangnya ya dimaafkan ya , selamat berbloging kawan- kawan 
Share on Google Plus

About Henry Ario Hafitz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment